Minggu, 17 Juli 2011

TUGAS UAS PANCASILA

MENYEGARKAN KEMBALI NILAI-NILAI PANCASILA UNTUK MEMERANGI KORUPSI

Korupsi adalah tindakan seorang pencuri,mungkin itu yang sebagian banyak orang pikir.Tapi apakah korupsi memang benar-benar dilakukan oleh seorang pencuri???
Korupsi adlah sebuah tindkan penggelapan atau pemanipulasian sebagian atau seluruhkegiatan ayng berkaitan dengan uang,jika kita tela'ah lebih dlam tindakan korupsi bisa dilakukan dari kalangan bawah sampai atas,tapi mungkin dari kalangan bawah tidak terlalu terekspos tapi dari kalangan atas sangat terekspos bahkan tidak terselesaikan,dikarenakan apa??
kalangan atas dinilai sebagai seorang yang bermoral,pintar dan mungkin bermartabat tapi kenapa seorang berperilaku sehebat itu bisa-bisanya melakukan "kegiatan" yang hina dan menjijikkan seperti seorang pencuri yang biasanya merekatidak pintar,tidak bersekolah dan tentu saja tidak berperikemanusiaan.
Kalau nilai-nilai Pancasila dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata para pemimpin daerah, mestinya masalah korupsi akan segera hengkang dari 64 daerah yang Pimpinannya terpilih tersebut. Karena mengamalkan niai-nilai Pancasila berarti juga menghindarkan diri dari perilaku korupsi. (Ricard Radja -Anggota Jaringan Epistoholik Indonesia)
Mari kita kaji kembali apa itu nilai-nilai pancasila ???
Nilai-nilai pancasila adalah suatu ukuran atau patokan dalam sebuah dasar aturan-aturan yang diberlakukan untuk kesejahteraan atau kemaslahatan orang banyak.
Dalam hal ini jika nilai-nilai pancasila diterapkan dalam hal korupsi mungkin tindkan ini tidak akan berlanjut diarenakan pancasila diciptkan sebagai dasar untuk kesejahteraan orang banyak sedangkan korusi menyengsarakan orang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar